PEDOMAN PEMBANGUNAN KARAKTER DIRI, ANAK DAN GENERASI MENDATANG | CHARACTER BUILDING

Kita mendidik anak-anak untuk pekerjaan yang sekarang belum ada | CHARACTER BUILDING | Mempersiapkan keahlian dan ketrampilan untuk anak-anak kita dan generasi yang akan datang.

PENDIDIKAN KARAKTER


PEMBANGUNAN KARAKTER ANAK


Sudah lebih dari 2 dekade merasakan diri sebagi urban allien di kota seperti Jakarta ini. Tidak terasa dan memang tidak ada target atau harapan kusus pada saat dulu pertama kali menginjakkan kaki disini. 

Asal berangkat saja merantau dan mencoba peruntungan melalui lowongan pekerjaan yang terjangkau dengan kemampuan Ijasah seadanya ini. Sukur-sukur bisa dapat pekerjaan dan mampu bertahan hidup tanpa sanak saudara, atau paling nanti pulang kampung lagi jika beberapa waktu sekiranya tidak ada peluang disini, itupun jika masih punya uang ongkos Kereta Api Senja Utama yang kalau tidak salah perlu Rp.8000,00 untuk sampai ke Jawa Timur.


Beberapa Jenis profesi atau Pekerjaan yang sekarang ada belum tentu ada di tahun-tahun kemaren


Lain ladang lain Ilalang,lain dulu lain sekarang, inilah yang membuat Character Building | Pendidikan Karakter menyangkut tentang profesi ini harus selalu berkembang sesuai jaman. Jika kami dahulu tidak pernah mempersiapkan apa profesi yang akan kita jalani, sangat berbeda dengan jaman sekarang termasuk jenis-jenis profesi yang tersedia. 

Penulis pribadi hingga saat ini masih selalu kesulitan jika menghadapi pertanyaan dari Orang Tua atau Keluarga lain di kampung tentang pekerjaan yang sedang saya geluti. Apa yang bisa saya katakan ketika pulang kampung dan nenek bertanya tentang pekerjaan kita?, sulit untuk menjelaskan deskripsi dari profesi seperti mobile app developer, digital advertising, data scientist, seo specialist, actuary, social media recruiter, atau artifical intellegence programmer

Eeeehhmmm sementara yang lain sudah tidak perlu membuat Nenek bertambah fikiran dengan profesi pasti sebagai guru, dokter, tentara atau peternak ikan lele.

Profesi, Pilihan atau Kebetulan ??


Beberapa rekan sukses menikmati profesinya sekarang berawal dari sebuah kebetulan kemudian ternyata cocok dengan passion nya. Setelah gagal di banyak proses recruitment, akhirnya dia menerima pekerjaan yang sebenarnya jauh melenceng dari disiplin ilmu miliknya. 

Beberapa lagi merasa bahwa inilah profesi yang diidamkan sejak dulu sesuai dengan background pendidikan dan minat yang bersangkutan. Sangat sulit menentukan antara pilihan dan kebetulan, mengingat percepatan dunia Bisnis dan peluang yang selalu berkembang dahsyat. 

Mungkin yang perlu kita lakukan adalah mempersiapkan diri kita dan anak-anak kita untuk beberapa tahun kedepan sesuai dengan masa nya. Penting agar Character Building | Pendidikan Karakter juga siap menjalani metamorfose dan tidak kaku seperti yang nenek saya percaya, heheheee maaf Nek yaaaaaa.


Species tersukses bukanlah yang paling cerdas atau paling kuat, melainkan yang paling mampu beradaptasi dengan perubahan


Sebuah kondisi yang membuat kita sebagai Orang tua dituntut untuk terus belajar dan mengikuti perkembangan masa. Pasar global semakin nyata, dunia bisnis bukan saja soal profit, untung atau rugi semata tetapi lebih pada aspek sosial responsibility, environmental friendly dan apa yang bisnis bisa lakukan untuk ikut berkontribusi pada pembangunan bangsa secara luas dan mempersiapkan generasi yang lebih tangguh sekaligus dapat memberi manfaat nyata bagi orang-orang disekitarnya. 

Jika imajinasi hari ini adalah realita esok hari, maka sudah menjadi tanggung jawab kita semua untuk menjadikan esok hari lebih baik dengan fikiran positive dan harapan-harapan yang baik. Dari tulisan sederhana ini dapat kita tarik benang merah tentang Character Building | Pembangunan Karakter sekaligus pekerjaan atau profesi apa yang anak-anak kita nanti kerjakan adalah sesuatu yang terbaik bagi mereka dan kita sebagai pembimbingnya.

Memberikan dasar Character Building | Pendidikan Karakter pada anak kita


  • Memperhatikan, membaca situasi, meneliti dan mempelajari - Perhatikan trend apa yang sedang berkembang dan teknologi yang akan terus melaju kencang tanpa bilang-bilang sebelumnya. Era digital milenial seperti sekarang sudah menjadikan dunia semakin sempit dan memberikan banyak kemudahan bagi habitatnya . 
  • Hal ini membutuhkan manusia-manusia dengan response bijak yang menjadikan semua kemajuan jaman menjadi sebuah fasilitas dan dukungan untuk memperbaiki diri dalam segala aspek kehidupan, setidaknya untuk keluarga dan orang-orang tercinta dirumah. 
  • Passion and Hardworking - memastikan anak agar memiliki pola pandang tentang penting nya semangat dan bekerja keras dalam semua hal, apapun bidang yang dikerjakan. Hingga pada akhirnya nanti Anak kita akan dapat menghargai penting nya Kerja keras, fokus dan eksistensi yang akan memberikan rewards terbaik bagi dirinya. 
  • Tidak ada prestasi yang bsa dicapai tanpa bekerja keras, sehebat apapun bakat dan ketrampilan dasar yang ia miliki kemaren. Belajar, latihan, belajar lagi dan latihan lagi secara konsisten agar semakin mematangkan kemampuan kusus bagi seseorang. 
  • Pendidikan karakter | Character Building - Sebuah minat yang harus dibentuk termasuk dengan kemampuan dan ketrampilan baru yang mungkin bisa di gali. Mempersiapkan anak untuk dapat selalu menyerap ilmu pengetahuan dan memcahkan masalah sesuai dengan tingkat usianya. Dengan dasar yang baik, maka anak akan siap dan lebih antusias dalam menghadapi segala kondisi di luar rumah, apapun content nya. 
  • Banyak sekali rekan sukses yang cemerlang di profesi dan pekerjaannya meskipun latar belakang pendidikan bukan dari backgaround basic bidang tersebut. Learning Agility yang sudah terbentuk sejak dini membuat orang survive dan bahkan berhasil di segala bidang yang tersedia. Penting untuk selalu menjaga komunikasi sekaligus melatih diri Anak kita dalam berbicara dan menyampaikan pendapat.

Life is fun ( Karakter Building / Pembangunan Karakter )



Akhir kata yang sering terucap dari penulis adalah : untuk selalu sehat dan berbahagia dalam segala kondisi dan permasalahan hidup yang juga selalu bergerak cepat sepanjang jaman. Enjoy your Journey, karena hidup ini bukanlah sprint jarak pendek tetapi sebuah Marathon panjang yang selalu memerlukan stamina dan endurance dalam bentuk konsistensi kuat nan tahan segala cuaca. 

Tak peduli apa pekerjaan dan profesi kita, Character Building | Pembangunan Karakter diri akan selalu berkembang melewati waktu yang tanpa terasa semakin jauh ini. Mari kita coba persiapkan dengan baik Pendidikan buat anak-anak kita agar kesulitan yang pernah kita alami dahulu tidak sampai berdampak lebih buruk oleh generasi yang akan datang. Untuk Generasi Indonesia yang lebih baik, lebih Cemerlang.

Artikel Terkait

2 komentar

sehat dan bahagiadalah wujud syukur. Apapa2 yang ada disyukuri dulu baru berusaha lagi... nice writing :)

Terimakasih,, untuk selalu bersyukur dan menjadi manusia yang lebih baik lagi.


EmoticonEmoticon