INSPIRASI | PILIH JADI KARYAWAN ATAU ENTREPRENEUR ???

MENTALITAS PENGUSAHA & MENTALITAS PEKERJA | "MANA YANG ANDA BUTUHKAN,?"


Dalam beberapa tahun terakhir ini, Pengusaha-pengusaha sukses terutama yang berusia muda banyak menjadi contoh dan Inspirasi bagi kaum muda lainnya dalam memilih Karier untuk menjadi PENGUSAHA | ENTREPRENEUR sebagai pilihan Jalan hidup yang menarik dan menggiurkan sekali. 

Siapapun Anda, KARYAWAN atau PENGUSAHA BARU Wajib membaca ini untuk dijadikan Referensi tepat sebelum anda benar-benar memilih jalur Karier anda nanti. Simak baik-baik Dua kisah berikut dan mana yang menurut anda akan menjadi Pilihan yang cocok buat masa depan anda.


KARYAWAN ATAU PENGUSAHA
    

Seseorang memutuskan menjadi ENTREPRENEUR dibandingkan dengan menjadi KARYAWAN meskipun itu


di sebuah Perusahaan yang besar Mewah dan sangat prestisius dimana menjadi rebutan bagi Lulusan terbaru dari Sarjana-Sarjana baru. "Sudah menjadi mimpi & keinginan sejak dulu,," begitu katanya.

Tampak sekali aura kesuksesan dan kebanggaan pada apa yang sudah dia gapai selama 10 tahun terakhir sebagai PENGUSAHA MUDA. Beberapa usaha lain yang dia buat berkali-kali terjatuh dan bangkrut tapi dia tetap akan terus mencoba dan belajar dari semua kegagalannya.

Dan dengan Satu bidang Usaha yang sudah mulai jalan dengan stabil, itu bisa menopang usaha-usaha Lain yang baru di bentuk lagi. Tanpa pernah Bekerja setelah Lulus kuliah, tidak membuat saya ragu akan sukses yang didapat oleh kawan saya ini.

Seorang kawan lama saya beda cerita disini. Dengan modal karier sukses selama 20 tahun di Hotel Bintang 5, plus dengan rencana dan segala keinginannya untuk menjadi PENGUSAHA setelah dia berhenti sebagai KARYAWAN ternyata Gagal Total pada tahun kedua-ketiga di Bisnis Pertamanya.



Sebuah cerita menjadi Boss di Bisnis yang dia kelola lewat begitu saja, menjadi sebuah kisah pilu yang terasa menyedihkan.



Dua Cerita dengan Ending berbeda diatas membuat kita harus melihat dan belajar, Dimana sebenarnya posisi yang tepat dan apa latar belakang yang tepat untuk menggapai cita-cita kita di masa depan sekaligus sebagai bahan pertimbangan mau jadi ENTREPRENEUR atau KARYAWAN. Mari kita lihat satu persatu dibawah ini.

Kedua kasus diatas sebenarnya sama,,sama-sama ingin menjadi PENGUSAHA | ENTREPRENUR, tetapi beda motivasi dan Passion untuk menuju kearah yang sama yaitu memilih menjadi PENGUSAHA | ENTREPRENEURSHIP.

Yang satu sudah bermimpi sejak kuliah dan terus belajar sambil mencoba untuk menjadi pengusaha yang baik. Sedangkan pada kasus yang kedua, Dengan segala pengalaman (kesibukan) dan record Kerja 20 tahun, dia terlalu yakin dengan kemampuan nya sehingga lupa untuk Belajar dan mempelajari tentang mentalitas menjadi PENGUSAHA.

Ini yang kawan saya tidak sadari dari awal sehingga Bisnis yang dia jalani menjadi kacau dan bahkan habis sebelum genap 3 tahun.
Setelah seluruh Modal dan uang pesangon habis, "Apa yang bisa kawan saya ini lakukan lagi??"

"MEMANGNYA MUDAH UNTUK MERUBAH MENTAL PEKERJA MENJADI MENTAL PENGUSAHA,?" NO WAAYYYYYY!!!!!


It,s takes Completely different skill untuk menjadi seorang ENTREPRENEUR yang baik. Tidak cukup hanya dengan Skill, Attitude dan Mindset Pekerja meskipun itu mantan Pekerja di Perusahaan besar sekalipun.

Saya tidak bilang bahwa seorang KARYAWAN itu jauh lebih mudah dari pada seorang ENTREPRENEUR atau sebaliknya karena ini bukan soal mana yang lebih mudah atau mana yang lebih sulit.


Yang ingin saya katakan disini adalah :

"ANDA MEMERLUKAN SKILL SET YANG BERBEDA, KARENA ANDA BERMAIN PADA GAME YANG BERBEDA & PADA LAPANGAN YANG BERBEDA PULA".


Intinya adalah Anda harus mempersiapkan Skill yang tepat untuk Games dan Lapangan yang akan anda gunakan bermain, termasuk Lawan-lawan mana yang akan anda hadapi nantinya. Tidak peduli anda akan menjadi KARYAWAN ATAU PENGUSAHA.

Jadi Skill Set apa yang diperlukan untuk menjadi EMPLOYEE yang baik dan ENTREPREURSHIP yang baik pula ?. Mari kita coba ulas satu persatu disini.



EMPLOYEE | KARYAWAN

  • Kompetentensi - Tidak ada Sulap disini, Anda haruslah menjaga Kompetensi dari setiap Pekerjaan yang anda pilih. Semakin anda Competent akan semakin anda lebih baik posisinya didalam Perusahaan tersebut. 
  • Kontribusi - Dengan bekal Kompetensi KARYAWAN di sebuah Perusahaan akan menghasilkan kontribusi yang baik bagi Perusahaan tempat anda bekerja. 
  • Adaptasi - Beradaptasi adalah kemampuan yang harus bisa kita buktikan pada setiap ada perubahan didalam kebijakan Perusahaan anda. Perubahan Pimpinan, Perubahan Rekan Kerja, Perubahan kebijakan tentang KARYAWAN, Cuti, Salary, Teknis Deskjob dll. 
  • Pelatihan - Anda haruslah selalu update tentang berbagai pelatihan-pelatihan yang resmi maupun yang kita buat sendiri. Hal ini berguna jika atasan anda naik jabatan, maka anda haruslah siap jika ditunjuk sebagai penggantinya. Demikian pula jika untuk yang akan handle Pekerjaan anda saat ini nantinya, anda harus dapat melatih dan transfer ilmu bagi junior anda yang baru ini. kemampuan ini akan menjadi asset berharga anda sebagai KARYAWAN di sebuah Perusahaan.

 PENGUSAHA | ENTREPRENEURSHIP

  • Fokus - ini yang paling sering saya dengar dari Rekan Sukses saya, sebagai PENGUSAHA anda wajib memiliki visi yang jauh tentang bisnis yang anda geluti ini. Akan sangat banyak yang harus anda rencanakan dan kerjakan dari awal memulai sampai Goal / tujuan yang ingin kita capai. Disinilah Fokus menjadi sesuatu yang mahal bagi seorang Pengusaha baru maupun yang sudah lama sekali bergelut dengan bisnisnya. 
  • Rencana Penjualan - Intinya adalah berani berbicara, berani menjual baik itu kepada calon Customer atau kepada Investor yang ingin anda rangkul sebagai pemodal di bisnis anda ini. Dan siaplah dengan kegagalan Rencana Penjualan anda. Siapkah???. Seorang PENGUSAHA | ENTREPRENEUR akan mempertaruhkan semua yang dia punya sebagai salah satu jalan yang harus ditempuhnya. Meresikokan semua harta / modal, mempertaruhkan Kredibilitas selama hidup anda, bahkan keluarga kita termasuk didalamnya. 
  • Daya tahan dan Mentalitas - Sangat jarang sekali PENGUSAHA | ENTREPRENEUR yang sukses pada bisnis pertamanya!!!. Dan yang kita lihat ( Berhasil ) sekarang ini adalah yang paling Tahan uji, tahan banting, dan paling nekat dibandingkan dengan yang lain. Intinya adalah ,, Jatuh 11 kali, tapi mampu bangun 12 kali. 
  • Belajar terus menerus - Jangan pernah bermimpi menjadi PENGUSAHA | ENTREPRENEUR jika anda tidak mau untuk belajar dan belajar lagi, terutama pada bisnis anda ini seperti tren yang sedang mewabah, perilaku pelanggan, kompetisi dengan pesaing sampai ide-ide baru yang musti anda siapkan agar Bisnis kita ini bisa jalan dengan lebih baik lagi. Maka Belajar adalah salahsatu Skill Set yang penting dalam proses sebagai Pengusaha selama anda menjalankan ini.


Nah, Sekarang yang mana yang anda butuhkan??. Menjadi seorang KARYAWAN | EMPLOYEE dengan Kompetensi,Kontribusi,Adaptasi dan Kemampuan Melatih Diri dengan Baik, atau sebagai PENGUSAHA | ENTREPRENEURSHIP dengan Fokus, Perencanaan yang Baik, Mentalitas kuat, dan kemauan untuk terus belajar??.

Anda dapat memilih Jalan yang Tepat yang sesuai dengan kemampuan yang sekiranya anda mampu dan nyaman disana. Penting untuk mengenali diri anda sendiri dengan jujur agar anda tidak mudah terbuai oleh perbedaan satu dengan yang lainnya. Sungguh harus kuat untuk menjadi seorang KARYAWAN dan sangat butuh Ketangguhan Mental jika anda ingin menjadi PENGUSAHA.


Selanjutnya : Terserah Anda !!! selanjutnya,,,,

Artikel Terkait

1 komentar so far

Enaknya menjadi Pengusaha,,,,


EmoticonEmoticon