BISNIS RISOLES MENAWAN HATI

Kembali lagi dalam perjalanan bisnis kita Minggu ini, kali ini kita akan bahas sedikit tentang Bisnis Risoles yang biasa kami nikmati sebagai kudapan Sore atau cemilan pagi & teman minum kopi kami.
 
BISNIS RISOLES MENGGIURKAN


BISNIS RISOLES MENAWAN HATI


Sederhana sekali Model Bisnis Risoles ini, Semacam kue basah berupa isian daging cincang atau Ayam atau keju plus sejenis mayones dicampur dengan beberapa sayuran yang di potong kecil-kecil kemudian di bungkus dengan sejenis dadar tepung dan dilapisi dengan tepung panir sebagai pemanis dan pelengkap tekstur jadi nya nanti. 

Kue yang baru akan di goreng by order ini lumayan laris di lokasi tempat saya tinggal, beberapa rasa tersedia sehingga pembeli dapat memilih sesuai selera.

Setelah sering kali saya ngobrol dengan penjual nya sambil menunggu gorengan matang, kali ini saya beruntung bertemu langsung dengan pemilik/Owner dari Bisnis Risoles ini. Beberapa pertanyaan yang saya lontarkan tentang Bisnis Risoles ini mendapat jawaban yang baik dan lugas, hingga sampai pada titik biaya Produksi dan suka duka beliau selama 5-6 Tahun berbisnis Risoles ini. 

Dengan nama Dagang Risoles Woles, memberikan sebuah ide tentang bagaimana membuat Merk yang singkat dan mudah sekali diingat. Sungguh luar biasa Entrepreneur kita yang satu ini.

Bisnis sederhana, Hasil Luar Biasa


Sebuah Bisnis Retai dengan tema Kuliner jajanan yang masih kurang diminati bagi sebagian besar Pengusaha baru ini telah semakin menyakinkan saya atas betapa kekuatan Retail ini tak bisa dipandang sebelah mata. 

Sebuah jajanan bernama Risoles yang sebelumnya dianggap sebagai makanan sampingan menjadi sebuah Bisnis yang sangat besar dan menjanjikan keuntungan nyata disaat orang lain sibuk dengan Rencana Bisnis yang terlalu rumit. 

Bisnis Risoles yang sangat sederhana secara Materi Bisnis, planning, marketing bahkan tanpa harus dengan banyak teori Bisnis menjelma menjadi kekuatan berupa images Produk pada suatu daerah tertentu. Siapa sangka Risoles yang mudah dan sederhana pembuatannya ini dapat dijual dengan harga Rp.4.000,- / Kue dan menghasilkan Nilai penjualan sebanyak 600 pcs / day pada 1 Lokasi penjualan saja.

Bisnis Modal Kecil yang menjanjikan


Eeehhmmmmmmm. Dengan hanya bermodal 1 Gerobak sederhana dan 1 Tenaga kerja yang bertugas menggoreng dan menjaga Bisnis ini dapat menghasil kan keuntungan bersih Rp.600.000/day. lalu berapa Gerobak yang Entrepreneur kita ini miliki??? Silahkan anda kira-kira sendiri.

Dari keterangan yang saya simpulkan berdasarkan pembicaran ini dan beberapa dialog dengan Tenaga Kerja penggoreng di Bisnis Risoles ini, ternyata dari sebuah Kue sehari-hari yang pembuatan dan Distribusi nya dilakukan dengan sangat sederhana ini dapat menghasilkan rangkaian Bisnis yang berakar kuat dan menjadi sebuah sumber penghasilan yang sangat menawan hati. 

Disini Penjaga Counter atau lebih tepatnya Tukang Goreng Risoles ini mendapatkan Komisi pasti sebesar Rp.500 rupiah/Kue dan dengan minimal omzet 250 Kue/day (Untuk Hari Sabtu dan Minggu bisa sampai 900 Kue terjual), jadi Penjaga ini mendapatkan Minimal Rp.125.000/day. Sebuah penghasilan harian yang tidak buruk dimata saya. 

Dan ini masih bisa bertambah sekitar Rp.400.000/day untuk hari Sabtu dan Minggu.Sudah jauh melebihi nilai Upah Minimum Regional (UMR) di Kota Jakarta sekalipun. Ini yang saya konfirmasi kebenarannya dari kedua belah pihak yang sudah saya temui sehingga saya meyakini pasti kebenarannya. 

Perlu diingat bahwa setiap informasi akan berlaku valid jika kita dapatkan dari pelaku langsung pada bisnis tersebut. Dari angka yang tertera diatas, seperti nya satu masalah tentang Ketenagakerjaan sudah dapat diatasi dengan baik dan layak.


"Bagaimana dengan Pemilik Bisnis Risoles ini??"


Tidak ketinggalan karena inilah yang sebenarnya ingin saya usut lebih dalam lagi. Informasi yang saya dapatkan, Pembuat serta Pemilik Merk Dagang Bisnis Risoles ini memiliki margin seperti umumnya Bisnis Kuliner lainnya. 

Bisa kita sebutkan disini bahwa dari Harga retail end user Risoles sebesar Rp.4.000,- ini, pemilik mendapatkan untung bersih Rp.1.000,-/ Risoles yang terjual. Sangat logis serta masuk akal dan kita boleh hitung secara lebih detail lagi nanti sambil menikmati lezat nya Risoles yang sudah matang ini. 

Artinya hanya dengan 1 Gerobak dorong yang nongkrong di pinggir jalan, Entrepreneur Bisnis Risoles kita ini mendapatkan Profit bersih Rp.600.000/day. Atau setidaknya Rp. 18.000.000/Bulan ( Asumsi minimal karena belum termasuk hari Sabtu dan Minggu yang pasti akan mendapatkan Omzet yang lebih besar). 

Wooooooowwww. Bagaimana jika kita nanti sudah memiliki setidaknya 10 Gerobak dorong dalam Bisnis Risoles ini, pastilah sudah sangat cukup sebagai penghasilan rutin yang tidak kalah dengan karier bagus seorang Executive di Perusahaan-perusahaan besar.



"Sebuah hitungan dagang sederhana bertajuk Bisnis Risoles yang sangat menawan hati"



Tidak terasa 2 potong Risoles sudah habis masuk lembut dalam perutku ini. Sejenak lupakan dahulu tentang diet Minyak Goreng demi mendapatkan informasi riil dari sang Entrepreneur ini. Penampilan yang sangat sederhana dan kerendahan hati nya membuat saya harus banyak belajar dari pebisnis ini. 

Tentang sebuah sikap, tentang pola Bisnis Konvensional tanpa membutuhkan terlalu banyak teori Bisnis seperti rekan-rekan saya lainnya disana. Dengan Tagline "Rasa berkualitas, Selera menengah Atas" serasa tidak banyak yang ingin disampaikan kecuali sebuah informasi kecil tentang differensiasi yang berbeda jika dibandingkan dengan Bisnis Risoles sejenis yang biasanya lebih murah dan dicampur dengan jenis jajanan Gorengan lain dalam satu Gerobak/Display. 

Kartu Nama yang saya bawa pulang inipun menunjukan sebuah kesederhanaan Bisnis dengan jelas dan lugas, menunjukan sebuah karakter Bisnis yang nyata dalam diri Entrepreneur ini. Silahkan Anda mencoba gurihnya Risoles ini dengan beberapa Rasa Pilihan seperti Rasa Pasta mayo, Smoke mayo Chesee,Meat raggut atau Rasa Hot Sausage seperti yang saya paling suka ini.

Kesimpulan Bisnis Risoles


Dan seperti biasanya, Perjalanan Bisnis ini telah memberikan saya oleh-oleh yang membuat saya tidak bisa tidur malam nanti. Kesederhanaan Pola Fikir telah menghasilkan sebuah Bisnis bernama Bisnis Risoles nan menawan hati. 

Renyah, Gurih dan tidak mengurangi sensasi pedasnya cabe hijau di mulutku. Bukan Risoles nya yang membuat saya ingin menjalani Bisnis Reatil dan merasakan Kekuatan Retail ini, tetapi Kesederhanaan dan pola fikir Bisnis yang melahirkan ide-ide bagus serta gagasan baru untuk Items Jajanan yang lain. 

Sudah kita pahami semua bahwa negara Indonesia ini kaya akan hasil Bumi dan sangat kreatif dalam hal membuat berbagai macam kue/jajanan yang mungkin salah satunya bisa jadi ide Bisnis yang Unik dan Hebat tanpa harus meniru pada Bisnis yang sudah ada sekarang ini.


Terimakaih Risoles yang sudah menemani ku menulis hingga tanpa terasa segelas Kopi ku sudah berangsur dingin.


Selanjutnya,,,,,

Artikel Terkait

1 komentar so far

Bisnis Sederhana dengan hasil luar biasa yaaaa


EmoticonEmoticon