SALES | AWAL KARIER PENGUSAHA SUKSES

APA PERKERJAAN PALING MENJANJIKAN DI DUNIA INI??? SALESMAN ADALAH JAWABAN YANG PALING TEPAT.

SALESMAN


SALES HANYALAH SEBUAH AWAL KARIER

Pertanyaan sederhana yang penulis lontarkan didepan para Salesman di sebuah Perusahaan Retail yang pernah penulis kunjungi beberapa tahun lalu. Sebuah intro berupa pertanyaan yang membuat beberapa Audience Sales mengernyitkan wajahnya seakan tidak percaya bahwa pekerjaannya saat ini adalah sebuah profesi yang sangatlah menjanjikan. 

Yupss, Sales adalah Ujung tombak dari sebuah Perusahaan agar dapat terkoneksi dengan Pelanggan Produk barang atau jasa yang Perusahaan jual. Bahkan 60% lebih seorang Pengusaha sukses mengawali Kariernya sebagai Sales/Salesman. Jadi selain karier yang sangat prospektif, sales memberikan kesempatan kepada kita semua sebuah penghasilan yang tidak terbatas tentunya sesuai dengan progres pekerjaan yang kita emban. 

Semakin banyak penjualan kita, semakin besar penghasilan yang Sales dapatkan. Mudah dan sederhana bukan??, karena satu-satunya ukuran keberhasilan seorang Sales adalah volume penjualan terhadap produk yang ia pasarkan. Sebuah bekal terbaik seorang calon pengusaha Sukses sudah kita dapatkan disini.


Sales | Bakat atau hasil kerja keras ??


Masih banyak sekali keuntungan bekerja sebagai Sales selain karier yang cepat dan penghasilan yang tiada batasnya. Sales adalah seseorang yang diberi kebebasan untuk berhubungan langsung dengan pelangan/calon pelanggan atau klien dari produk kita, hal ini bisa dikatakan sebagai kesempatan emas untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan sebagai target utama sebuah Bisnis atau pemasaran produk apapun bentuk produknya. 

Disinilah cikal bakal diri seseorang untuk mendapat pelatihan gratis menjalin sebuah hubungan baik dengan orang lain sebagai salahsatu element dalam sebuah bisnis. Beberapa orang merasa berbakat menjadi Sales dan beberapa lainnya melakukannya dengan terpaksa karena tuntutan ekonomi dan pekerjaan saja. 

Akan tetapi bakat saja tidaklah cukup karena Kerja keras lah yang menentukan seseorang menjadi Sales yang hebat atau hanya sales yang biasa-biasa saja yang setiap hari terbelenggu oleh target yang dibebankan Perusahaan kepada kita. Perlu diingat bahwa adaptasi, kemauan belajar dan kerja keras adalah syarat mutlak bagi seseorang untuk dapat bekerjasama dengan baik dalam suatu Organisasi atau Perusahaan.

Sales adalah profesi terbaik


Beberapa sahabat Sales begitu antusias dengan semangat dan passion yang nyata ketika berbicara tentang sebuah produk dan berbagi pengalaman sebagai seorang Sales. Dari sini penulis disadarkan akan nikmatnya menggeluti profesi ini dan betapa sahabat ini sudah sangat mencintai pekerjaannya sebagai seorang salesman. 

Tak peduli apakah itu Sales Penjualan retail, Sales marketing, Sales Manager ataupun Branch Manager yang pernah juga sahabat ini lakukan. Tampak jelas Aura Entrepreneurs yang tersirat dari banyak obrolan panjang dengan sahabat kita ini. Penjelasan yang selalu kongkret dengan alur cerita yang kuat membuat penulis yakin inilah karakter yang terbangun sebagai seorang Pengusaha Sukses dari profesinya menjadi Sales di beberapa Perusahaan dan beberapa jenis Produk yang pernah rekan kita ini pasarkan. 

Dan jika ada Entrepreneur Sukses, maka Sahabat ini sudah memenuhi hampir semua syarat sukses tersebut. Sebagai salahsatu Profesi terbaik, Sales juga lah penyumbang paling banyak Pengusaha Sukses yang masih bertahan hingga saat ini.

Tips Sales dalam mengawali kariernya


Pada akhirnya Volume penjualan menjadi Ukuran nyata untuk sukses dan tidaknya pekerjaan seorang Sales. Beberapa Tips dibawah ini dapat dijadikan acuan tepat untuk memulai karier sebagai Sales sebelum nanti benar-benar terjun dalam dunia Bisnis yang sesungguhnya.

  • Product Knowledge - Pahami setiap detail Produk yang akan kita jual. Setiap perusahaan pasti memiliki Catalog dan Buku pegangan untuk para Sales nya. Tidaklah sulit untuk menyempatkan sedikit waktu belajar tentang sebuah produk baru. 
  • Confidently -Kepercayaan diri menjadi bekal utama dari seorang Sales sebagai proses awal sales bekerja, pengenalan produk, meyakinkan pelangan, membuat produk ini terasa lebih unggul daripada produk sejenis lainnya sampai pada tahap closing dan penjualan. Bagaimana pelanggan dapat percaya dengan produk kita jika kita saja tidak percaya diri dalam menjualnya??. 
  • Kenali Produk Competitor - Sebelum kita menjual, pasti sudah ada produk sejenis yang beredar di pasaran dan digunakan oleh pasar. Penting untuk mengenali produk existing agar kita dapat mencari celah dan mengedepankan keunggulan produk kita didepan calon pembeli. 
  • Promosi kepada calon pelanggan dan segment yang tepat - Dengan data base kita miliki tentang siapa saja pengguna produk ini, seorang Sales akan dapat menentukan langkah terbaik untuk mem-promosikan produk kita kepada sasaran yang tepat pula. 
  • Menjalin hubungan baik - Seorang Sales bukan saja menjual produk tapi menjalin hubungan baik secara personal sehingga customer menjadi nyaman dalam membeli dan menggunakan produk kita tanpa kekuatiran akan jangka panjang menggunakan produk tersebut. Inilah yang akan membangun sebuah jaringan yang nantinya dapat kita jadikan pondasi yang kuat untuk langkah karier kita selanjutnya. Hingga pada satu titik nanti, Apapun yang kita jual, customer sudah langsung percaya bahwa ini pasti produk terbaik. 
  • Pilih Perusahaan Sole Agent / Authorized Sole Agent - Agen Tunggal di suatu Negara memberikan keuntungan yang lebih baik untuk Sales nya dibanding dengan Produk Retail lain dengan banyak kompetitor atau Produk Equivalent yang banyak beredar di pasaran. Tak masalah jika Produk tersebut Unik atau jarang sekali pemakainya. Perlu diingat bahwa semakin Unik sebuah produk Jualan, semakin jelas segment pasarnya.Pemilihan Produk yang jitu dan Investasi yang bagus untuk para Sales dan Sole Agent. 

Sales Yourself


Sahabat saya pernah mengatakan bahwa "Apapun yang ada ditangan saya pasti bisa saya jual". Sungguh sebuah kalimat yang menggambarkan betapa seorang Sales bukan hanya sekedar pandai menjual sebuah Produk tetapi menjual Value atas dirinya sendiri. 

Pada tahap seperti ini Orang sudah memiliki kepercayaan tentang kapasitas Sales dalam memilihkan produk yang tepat buat calon Customer dimana pelanggan sudah merasa dimanjakan dan tidak perlu repot memilih produk terbaik dari sekian banyak produk yang dijual di pasaran. Meminjam Tagline dari sebuah Produk Deterjen Ramah Lingkungan yang penulis miliki, 

"Biarkan kami memilihkan Produk yang tepat untuk Anda!!"

Profesi Sales sebagai cikal bakal seorang Pengusaha Sukses


Jika semua bisnis adalah menjual, maka Sales adalah Element yang sangat penting dalam proses Bisnis yang berjalan. Memiliki Sales yang baik sudah menutup satu syarat mendasar yang dibutuhkan oleh sebuah Perusahaan.

Bukankah kita semua adalah seorang Sales??. Setiap kita berbicara, bercerita dan meyakinkan orang lain tentang kemampuan kita, keahlian kita dan apapun yang kita miliki secara tidak sadar kita sudah melakukan sebagian besar yang Seorang Sales harus lakukan. 

Dan yang sudah banyak sekali kita lihat dari seorang Pengusaha Sukses adalah, mereka berangkat dari profesi sebagai Sales dan meng-aplikasikannya di perusahaan/Bisnis yang mereka buat sendiri. Meng-Copy Paste dari sistem dimana dulu ia pernah bekerja lalu menjadikan Produk Bisnisnya sekarang lebih baik daripada kantornya dahulu.

 Disini jelas mengapa Sales adalah sebuah profesi yang paling menjanjikan di Negeri ini. Beruntunglah kita yang sekarang memiliki profesi ini karena kita sudah pada tahap yang tepat untuk sedikit lagi melangkah sebagai Pengusaha Sukses dengan Bisnis kita sendiri.

Selanjutnya,,,

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon