BISNIS DETERJEN LAUNDRY | CHEMICAL LAUNDRY (INSPSIRASI BISNIS)

Bisnis Laundry Kiloan yang sudah mulai marak dalam setidaknya 10 Tahun terakhir ini memberikan daya pikat baru bagi Pebisnis-Pebisnis pemula terutama pebisnis yang berniat menggeluti dunia Laundry Kiloan untuk ikut ambil bagian dari Industri yang Fenomenal ini.

BISNIS DETERJEN LAUNDRY


BISNIS DETERJEN, MENGIKUTI TREND LAUNDRY KILOAN


Hal ini dibarengi pula dengan lahirnya Industri-Industri Chemical Laundry | Deterjen Laundry yang tidak kalah semarak untuk mengikuti perkembangan Laundry Kiloan yang tidak saja di kota besar tapi sampai menjangkau ke daerah-daerah diluar kota di Indonesia ini. 

Sebuah Bisnis yang menjadi Primadona Baru diantara Bisnis-bisnis kreatif lain yang bahkan sampai sekarang penulis prediksi masih sangat prospektif sekali.

Harus pula diakui bahwa kita harus berterimakasih atas pionir-pionir yang membawa nuansa baru bagi berkembang pesatnya Bisnis Laundry ini sehingga mampu menjadikan Usaha menengah kecil ini berkembang pesat dan memangkas angka pengangguran yang semakin meningkat setiap tahunnya. 

Bukan hanya Laundry Kiloan yang diuntungkan karena Bisnis ini membantu menekan biaya Operasional dan menjanjikan profit yang bagus bagi pelaku Bisnis Laundry Kiloan ini. Selain itu, Fenomena Bisnis ini juga memberikan Jalan Rejeki yang bagus bagi Pelaku-Pelaku dan Akademisi Kimia untuk ikut terjun dengan membuat Produksi bahan Kimia atau Chemical Laundry| Deterjen Laundry yang tidak kalah seru nya. 

Ini yang akan kita bahas mengingat tumbuhnya Bisnis baru pastilah akan diikuti oleh Bisnis terkait lainnya termasuk dengan Bisnis Deterjen Laundry ini.


BISNIS CHEMICAL | DETERJEN LAUNDRY


Pemilihan Bisnis Chemical|Deterjen Laundry ini bukan tanpa alasan mengingat Bisnis jenis Supplier/pemasok ini memberikan lebih keleluasaan waktu bagi pelakunya. Pangsa pasar yang semakin jelas memberikan garansi penjualan yang mudah dan bisa dijalankan secara konvensional. 

Bisa kita bayangkan jika di kota Jakarta ini ada Laundry Kiloan di setiap jarak 200 meter saja, berapa Laundry Kiloan yang bisa kita jangkau jika kita mau bersales ria dan bersedia keliling menawarkan Deterjen Laundry ini ke mereka. Belum lagi bicara tentang prospek yang menawan karena kebanyakan Produksi Deterjen laundry ini jauh lebih berkualitas dibanding dengan Deterjen-Deterjen yang kini beredar di Supermarket. 

Hal ini memberikan kemudahan bagi penjual Chemical/Deterjen Laundry untuk menawarkan Produknya. Dan semakin memudahkan kita karena Segment pasar yang menjanjikan volume pembelian dalam jumlah yang banyak sebagai bahan Produksi Bisnis Laundry Kiloan. 

Dengan asumsi penggunaan Deterjen Laundry yang irit ini, Laundry Kiloan dengan cucian sebanyak 100 kg/hari dapat menggunakan Deterjen Laundry minimal 1 kg/hari. Jadi konsumsi Deterjen untuk Laundry dapat kita simpulkan sebayak 30 kg setiap bulannya.

Sungguh pangsa pasar yang besar dan menawan sekali. Itu belum termasuk dengan kebutuhan Laundry lainnya misalnya Softener, Parfum/pewangi Laundry , Penghilang Noda , Plastik dan alat-alat lainnya sebagai atribut wajib bagi Bisnis ini.


FAKTA MENARIK DETERJEN LAUNDRY KILOAN


  • Produksi Deterjen Laundry saat ini memiliki Kualitas yang jauh lebih bagus dibanding dengan Deterjen yang beredar di Supermarket dewasa ini. 
  • Bisnis Deterjen Laundry memiliki segment pasar yang jelas dan masih akan terus berkembang, akhir-akhir ini segment Rumah Tangga juga sudah memulai sadar akan kualitas. 
  • Produksi Deterjen laundry mematahkan asumsi Busa sebagai pembersih yang selama masyarakat mengenalnya (tidak ada korelasi antara Busa dan kebersihan) 
  • Maraknya Produksi Deterjen Laundry menumbuhkan timbulnya usaha-usaha baru di masyarakat dan mengurangi ketergantungan pada monopoli Bisnis Deterjen yang berjalan selama ini. 
  • Hampir semua Importir bahan baku dan Industri Deterjen laundry ini berada di kota-kota basar di Pulau Jawa, sebuah peluang bagi kita yang berada di luar kota untuk membuat Bisnis Chemical|Deterjen laundry ini berkembang pesat di daerah. 


Penulis sebagai salahsatu pelaku di Bisnis Chemical | Deterjen Laundry ini merasakan betul bagaimana Bisnis ini begitu sangat menjanjikan Profit yang memesona yang bahkan jauh lebih bagus daripada Bisnis Laundry Kiloan itu sendiri. 

Apa saja keuntungan Bisnis Deterjen Laundry ini jika dibandingkan dengan membuka Bisnis Laundry seperti yang sudah kita jalankan ini?. Mari kita lihat perbedaannya dibawah ini.


  • Bisnis Chemical|Deterjen Laundry ini tidak memerlukan tempat/lokasi/display yang mewah karena yang kita jual ini adalah produk jadi dan bukan jasa seperti halnya Bisnis Laundry Kiloan. Dengan tempat yang sederhana atau bisa juga di garasi mobil saja, bisnis ini bisa berjalan dengan baik. 
  • Bisnis Chemical|Deterjen Laundry ini tidak memiliki batas kuota atau volume yang membatasi penghasilan kita. Dengan satu tempat yang tidak terlalu besar, dapat menjamin supplay yang tidak terbatas, sangat berbeda dengan Bisnis Laundry Kiloan yang pasti sudah akan kuwalahan dan memerlukan ruang produksi lebih besar lagi sesuai dengan jumlah customernya. Biasanya batas produksi yang bisa dimaksimalkan oleh satu tempat Laundry adalah maksimal 200kg cucian kering per hari, memerlukan setidaknya 5 Orang karyawan yang akan sibuk sekali setiap harinya. Hal ini akan membutuhkan tempat produksi tambahan jika kita mau menampung jasa mencuci lebih dari itu termasuk dengan tambahan Karyawan dan biaya cost lainnya seperti penambahan Mesin Cuci, Dryer dan biaya Listrik nya. 
Bisnis Chemical | Deterjen Laundry memiliki jangkauan pasar yang tidak terbatas. Selain pada segment pasar yang terdekat dengan lokasi Produksi atau lokasi kantor kita, Deterjen Laundry ini mudah sekali untuk dikemas dan dikirim melalui expedisi-expedisi umum yang ada. Jangkauan Lokasi pasar ini tidak dimiliki oleh Bisnis Laundry Kiloan yang hanya tergantung pada radius 2-3 Km di sekitar Laundry Kiloan. Ini juga dipermudah oleh Jasa-jasa expedisi yang semakin menjamur dimana-mana, tinggal kita memilih sesuai dengan harga,volume dan tempat tujuan dimana expedisi tersebut melayani setiap trayek yang diinginkan. 
  • Bisnis Chemical | Deterjen Laundry yang memberikan kita kebebasan branding tanpa harus kuatir bersaing dengan Deterjen umum dipasaran. Dengan segment yang jelas berbeda, Bisnis Deterjen Laundry ini memiliki tingkat kesulitan yang relatif jauh lebih rendah mengingat tidak banyak Bisnis serupa yang berjalan dengan memiliki nama besar dan Branding yang memonopli pasar. Kita bisa saja membuat Brand dan standarisasi sendiri tanpa harus mengekor pada Brand yang memang masih sedikit sekali sebelum ini. (Pemerintah melalui Kementrian Koperasi dan UMKM menggalakkan pembuatan Merk/brand/HAKI bagi produk-produk baru oleh pengusaha kecil dan menengah). 
  • Bisnis Chemical | Deterjen Laundry yang masih menjanjikan banyak Defferensiasi bagi produk kita sendiri sebagai pembeda dari produk-produk sejenis yang sudah beredar di pasaran lebih dulu seperti Deterjen Matic,Deterjen Hemat, Deterjen Ramah Lingkungan, Deterjen non Surfaktan dll.


"Sudah adakah Supplier Deterjen Laundry di kota anda??"


Bisa jadi kita adalah Supplier Deterjen Laundry Pertama dikota kita. Jika benar, maka peluang besar ada pada kita mengingat Bisnis Laundry Kiloan sebagai segment utama kita ini tumbuh pesat tanpa memikirkan keberadaan Supplier bahan baku sebelumnya. 

Akhirnya banyak sekali bisnis laundry Kiloan yang terpaksa harus membeli Chemical|Deterjen Laundry nya keluar kota terutama laundry-laundryyang berada di luar pulau Jawa seperti Jakarta, Semarang, Jogjakarta,Surabaya atau bandung. 

Sebuah peluang berbentuk Bisnis Distribusi yang dapat memangkas besarnya biaya kirim dan expedisi yang selama ini menjadi kendala utama bagi Laundry-Laundry yang berada diluar kota.



PELUANG DAN PASAR YANG TERSEDIA


Kelebihan dan potensi besar lain yang bisa kita kembangkan dari Bisnis Chemical | Deterjen Laundry ini adalah kita dapat menjadikan Deterjen ini sebagai Kebutuhan pokok untuk segment yang kontinyu dan lebih besar seperti Rumah Sakit, Klinik-klinik, Hotel dan lembaga-lembaga lainnya. 

Sebuah pangsa pasar besar yang sangat menjanjikan dan hampir pasti dapat memberikan benefit yang bagus bagi pengguna dengan semua kelebihan yang Deterjen laundry ini miliki.

Sebuah catatan kecil tentang Bisnis Deterjen laundry yang sangat manarik, semoga dapat memberikan kita semua inspirasi dan mengikis semua keraguan kita akan Bisnis yang ingin kita mulai dan kita miliki. Selamat bergabung dengan Entrpreneur Deterjen Laundry di Indonesia.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon